Jelang Praktik Profesi, Program Studi Ners Ujian OSCE Sebagai Rangkaian PANUM XXIV

  • 07 Maret 2024
  • 01:25 WITA
  • Administrator
  • Berita

Penulis : Achmad Yasir

Admin : Andi Budianto Adi Putra


Makassar, 7 Maret 2024 - Program Studi Profesi NERS Angkatan XXIV Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar telah sukses menyelenggarakan OSCE pada Kamis, 7 Maret 2024. Kegiatan penting ini merupakan bagian dari rangkaian PANUM XXIV yang bertempat di ruang OSCE laboratorium keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar.


Ujian OSCE kali ini diikuti oleh 23 mahasiswi NERS angkatan XXIV yang telah mempersiapkan diri menghadapi serangkaian tes yang dirancang untuk mengukur kompetensi klinis mereka, seperti kemampuan komunikasi, penilaian klinis, pengambilan keputusan klinis, dan keterampilan prosedural. Ujian ini menjadi batu loncatan penting bagi mahasiswi dalam melangkah ke dunia profesional keperawatan dengan bekal kompetensi yang solid.


Kegiatan ini dibuka dengan sambutan Ketua Prodi Ners UIN Alauddin Makassar, yang menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan ujian ini. Beliau menekankan pentingnya ujian OSCE dalam mengukur kemampuan praktis mahasiswa dan mempersiapkan mereka menjadi perawat yang kompeten dan profesional.

Pengawasan dan penilaian dalam ujian OSCE dilakukan oleh dosen dan praktisi keperawatan berpengalaman yang menggunakan kriteria penilaian objektif untuk memastikan hasil yang adil dan akurat. Mahasiswi diuji dalam berbagai stasiun yang masing-masing menuntut demonstrasi keterampilan klinis tertentu dalam situasi yang simulasi.


Keberhasilan penyelenggaraan ujian OSCE ini tidak hanya mencerminkan komitmen Program Studi Profesi NERS dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan praktik keperawatan, tetapi juga memperkuat posisi FKIK UIN Alauddin Makassar sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan.