Bakti Sosial dan Pengabdian Masyarakat Prodi Ners

  • 25 Juni 2019
  • 06:35 WITA
  • Administrator
  • Berita

Masyarakat yang sehat merupakan salah satu indikator penting meningkatkan kualitas suatu bangsa, setiap institusi bergerak dengan gaya dan karakter masing masing membuat sebuah perubahan yang baik, di mulai dari menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan ataupun membantu masyarakat memenuhi kesehatan mandiri dan terobati dari penyakit yang di derita. Langkah langkah strategis dapat di ambil sebagai wujud sumbangsih sebuah organisasi dalam melayani negeri misalnya dengan bakti sosial.

Prodi Ners UIN Alauddin sebagai sebuah institusi besar yang telah lama bersinergi dengan masyarakat dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang optimal kembali menyatukan beberapa unsur masyarakat diantaranya Puskesmas, masyarakat di wilayah binaan, mahasiswa, aparat pemerintah untuk bersama sama menggalang kekuatan dan semangat dalam sebuah acara yang bertajuk bakti sosoal dan pengabdian masyarakat di Desa Tangkebajeng Kec. Bajeng Kab. Gowa, di selenggarakan Kamis, tgl 20 Juni 2019 berupa pemeriksaan kesehatan gratis kerja sama dengan Puskesmas Bajeng, Penyuluhan kesehatan terkait hipertensi dan Stroke, Penyegaran kader posyandu dan posbindu serta Pelatihan kader sehat jiwa, pijat diare pada bayi dan anak, skrining pre-eklampsia pada ibu hamil, skrining penyakit tidak menular dan sosialisasi aplikasi Spiritual Islamic nursing care berbasis android. Sasaran dari kegiatan ini adalah lansia, orang dewasa, anak, dan bayi. 

Kegiatan dimulai dengan registrasi peserta sejak pukul 07.00, antusiasme warga tercermin dari banyaknya warga yang telah ada di lokasi sebelum acara dimulai. Acara  dihadiri oleh kepala desa Tangke Bajeng, Kepala Puskesmas Bajeng. “selama menjadi kepala desa di sini, ini adalah pemeriksaan kesehatan dari institusi pendidikan yang paling besar kegiatannya” ungkap Bapak Jafaruddin selaku Kepala Desa Tangke Bajeng.Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas Bajeng sebagai mitra kerja Prodi Ners UIN Alauddin Makassar, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Pimpinan Prodi Ners Dr Anwar Hafid S.Kep.,Ns.,M.Kes dan Wadek I FKIK Dr Nur Hidayah S. Kep.,Ns.,M.Kes kemudian di tutup dengan kegiatan penyuluhan dan penetalaksanaan dasar penyakit pada masyarakat. Laporan ketua panitia dalam hal ini Mahasiswa Program Ners Baharuddin menyampaikan Kegiatan ini di hadiri oleh lebih dari 300 peserta dan bekerja sama dengan beberapa pihak pendukung.

Dg. Tompo salah seorang masyarakat Desa Tangke Bajeng, menyatakan keinginan agar kegiatan seperti ini ada keberlanjutan karena masyarakat desa sangat menyambut baik kehadiran mahasiswa yang melakukan kegiatan di desa, serta adanya kegiatan bakti sosial.