Workshop Karya Tulis Ilmiah di Selenggarakan Prodi Ners UIN

  • 17 Juli 2019
  • 03:37 WITA
  • Administrator
  • Berita

UIN-Kep. Riset merupakan suatu kebutuhan utama sebuah perguruan tinggi, menulis dan menghasilkan sebuah karya ilmiah, menggunakan literatur yang berkualitas menjadi sebuah keharusan yang tidak ayal menuntut selalu ter up-date nya informasi bagaimana menyusun sebyuah karya. Strategi menyusun karya yang berkualitas dengan tidak melupakan integrasi islam yang menjadi penciri Universitas menjadi langkah awal dalam meningkatkan mutu hasil karya penelitian mahasiswa maupun dosen.  Semakin lama filosofi penelitian sebagai dasar perkembangan sebuah pengetahuan mulai terkikis oleh asumsi bahwa sebuah penelitian hanya menjadi prasyarat untuk mendapatkan gelar sarjana atau bahkan untuk memenuhi point point beban kerja dosen sehingga perlu penyegaran kembali bagaimana membuat suatu karya ilmiah tidak hanya menarik untuk di baca tetapi yang terpenting menarik untuk ditulis.

Prodi Keperawatan menyadari fenomena yang terjadi pada mahasiswa dan dosen tersebut maka dari itu bekerjasama dengan LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) menyelenggarakan kegiatan yang bertema “Manajemen Pengelolaan Kara Tulis Ilmiah Akhir Mahasiswa Jurusan Keperawatan” di selenggarakan di Hotel Remedo Tanggal 5 dan 6 Juli 2019 menghadirkan para peserta internal dosen dosen Jurusan Keperawatan UIN dan  para pemateri yang sudah berpengalaman dalam kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah di antaranya Saldi Yusuf, Ph.d, Dr Mulyono Damopoli, M. Ag, dan Zulfahmi Alwi, Ph.D.

Berturut turut kegiatan dimulai dengan sambutan yang diawali laporan ketua pantia oleh Ns Wahdah S. Kep., Ns., M. Kes, selanjutnya oleh ketua jurusan keperawatan Dr Muh Anwar Hafid, S. Kep., Ns. M. Kes dan terakhir acara dibuka langsung oleh WD I FKIK Ibu Dr Nur Hidayah S. Kep., Ns., M. Kes. Dalam kegiatan tersebut Ns Yaya sapaan akrab wakil dekan I ini mengungkapkan pentingnya dilaksanakan kegiatan ini khususnya bagi CPNS baru yang mulai beradaptasi dengan model penulisan karya Ilmiah yang diterapkan di UIN selain itu harapan Ns Yaya akan ada desiminasi pembahasan SOP terkait segala aspek tentang karya ilmiah mulai dari aturan penulisan, pembimbingan, pengujian, dan aturan aturan yang akan menjadi landasan sistematik dan terstruktur pelaksanaan penelitian yang akan diajukan ke tingkat pimpinan. Setelah pembukaan kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Pelaksanaan kegiatan yang  bertepatan dengan hari jumat tersebut diawali dengan materi dari Ns Saldi Yusuf Ph,d seorang praktisi dan peneliti dibidang luka, memaparkan tips dan trik dalam menulis, bagaimana menghindari plagiarisme dan bagaimana membuat sebuah hasil penelitian menjadi menarik untuk dibahas. Selanjutnya kedua pemateri  Dr Mulyono Damopoli, M. Ag, Zulfahmi Alwi, Ph.D memaparkan penciri Islam dalam penelitian penelitian yang di syaratkan oleh UIN.

Kegiatan ditutup dengan pembagian kelompok dan rapat pleno  untuk membahas aturan aturan pelaksanaan kegiatan penelitian mahasiswa yang dipimpin oleh Ilhamsyah S. Kep., Ns., M. Kep, dalam acara tersebut salah satu peserta Andi Budiyanto Adi Putra S. Kep., Ns., M. Kep mengungkapkan bahwa “kegiatan ini kembali menyegarkan kita akan pentingya melihat lagi kualitas sebuah karya di UIN dan ini tidak boleh hanya sekedar wacana harus ada tindak lanjut yang real sebagai desiminasi kegiatan ini”, akhirnya setelah doa kegiatan ditutup dan diharapkan semua peserta sudah membawa bekal kompetensi yang cukup untuk membawa Karya Ilmiah UIN menjadi lebih berkualitas.


Foto Dokumentasi Kegiatan :
https://drive.google.com/drive/folders/1SaSQ9r8Ivjq5ZSiUHqhBcHdnX2W3rPcT?usp=sharing

Berita Terkait

Call For Paper

  • 23 Agustus 2019
  • 03:42 WITA