Penulis : Achmad Yasir
Admin : Andi Budiyanto
Makassar, 12 Agustus 2024 – Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar sukses menggelar kegiatan "Pembelajaran dan Penelitian Dosen dengan Kecerdasan Buatan" pada tanggal 12 Agustus 2024. Acara ini berlangsung di Laboratorium Komputer Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Alauddin Makassar.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) sebagai alat pendukung dalam proses pembelajaran dan penelitian. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dosen-dosen di lingkungan Program Studi Keperawatan diharapkan mampu mengintegrasikan AI dalam kegiatan akademik, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan penelitian di FKIK UIN Alauddin.
Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Dr. Ridwan Andi Kambau, M.Kom, seorang pakar di bidang teknologi informasi dan kecerdasan buatan. Dr. Ridwan memberikan pemaparan yang komprehensif mengenai aplikasi AI dalam dunia pendidikan dan penelitian. Ia juga memandu sesi pelatihan praktis yang melibatkan pengenalan konsep dasar kecerdasan buatan, penerapan AI dalam analisis data penelitian, serta pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi.
Ketua Program Studi Keperawatan, Ns Ilhamsyah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya FKIK UIN Alauddin untuk terus berinovasi dalam menghadapi tantangan era digital. "Kami berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan dosen-dosen kami mengenai potensi besar kecerdasan buatan dalam mendukung tugas-tugas akademik mereka, baik dalam pengajaran maupun penelitian," ujarnya. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan ahli, serta mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan dalam simulasi praktis.
Dengan adanya kegiatan ini, Program Studi Keperawatan FKIK UIN Alauddin Makassar berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan kompetensi dosen dalam memanfaatkan teknologi terkini, guna menciptakan ekosistem pendidikan yang adaptif dan responsif terhadap perubahan zaman.