Bekerja Sama dengan PPNI, Pengambilan Janji Sarjana Keperawatan dan Sumpah Perawat di gelar

  • 03 Oktober 2019
  • 06:17 WITA
  • Administrator
  • Berita

UIN Kep-Prodi Keperawatan sebagai salah satu Institusi keperawatan yang menghasilkan lulusan keperawatan tentu saja banyak hal yang akan menjadi kewajiban dalam mempersiapkan berbagai kegiatan yang wajib di akhir kegiatan pembelajaran, seperti halnya penyumpahan dan wisuda, dalam melaksanakan kegiatan tidak dipungkiri peran aktif wisudawan itu dan juga tim dari jurusan keperawatan diharapkan akan membawa kesuksesan pada kegiatan yang dilaksanakan. Salah satu kegiatan yang seperti di sebutkan sebelumnya dan menjadi kegiatan besar setelah yudisium mahasiswa keperawatan adalah pengambilan sumpah sarjana keperawatan dan calon perawat, dalam aturan yang di keluarkan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Keputusan DPP PPNI No. 026/DPP PPNI/SK/K/III/2016 tentang pedoman sumpah perawat indonesia PPNI Tahun 2016 institusi keperawatan memang berkewajiban untuk melaksanakan sumpah perawat dengan aturan pelaksanaan yang berlaku dan  sesuai undang undang yang berlaku.

Tepat tanggal 22 September 2019 hari ahad dilaksanakanlah kegiatan penyumpahan yang di hadiri tiga ratus lebih orang dan terdiri atas wisudawan S1 Keperawatan, 42 Program Profesi Ners dan beberapa undangan yang sengaja di hadirkan untuk menambah kekhusyukan juga kemeriahan dari acara tersebut, tak lupa Dekan FKIK Dr dr Syatirah Jalaluddin, M.Kes., Sp. A. Ketua PPNI Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Ismail S.Kep., Ns., M.Kes Ketua Jurusan Keperawatan Dr Muh Anwar Hafid S. Kep., Ns.,M.Kes, Ketua PPNI Komisariat UIN alauddin Andi Budiyanto Adi Putra S.Kep., Ns., M.Kep, Koordinator Ners Dr Risnah S.Kep., Ns., M.Kes dan tentu saja para dosen dan pegawai lingkup jurusan keperawatan. Prosesi dilaksanakan dengan baik dan lancar diiringi alunan lagu mars PPNI dan UIN Alauddin yang dinyanyikan bersama oleh civitas akademika UIN Alauddin Makassar. Pak Ismail sebagai perwakilan dari PPNI melakukan penyumpahan kepada  mahasiswa  yang baru lulus sesuai marwah dari PPNI Provinsi Sulawesi Selatan.

banyak kegiatan yang dilaksanakan di Aula FEBI FKIK UIN Alauddin Makassar hari itu, ada penghargaan untuk dosen berprestasi yang didapatkan melalui hasil voting dengan suara tertinggi diraih oleh Ketua Jurusan Keperawatan Dr Anwar Hafid, S,Kep., Ns., M.Kes, selain itu diberikan juga penghargaan kepada mahasiswa/i berprestasi yang di raih oleh AR Megawahyuni S.Kep.,Ns untuk program Ners dan Mustabsyiratul Ailah S.Kep untuk program S1 Keperawatan. Dalam kegiatan ini mengandung makna tentang  arti pentingya seorang calon perawat mengukuhkan dirinya dalam komitmen menjaga dan melaksanakan tanggung jawab perawat secara profesional dan unggul dengan sebaik baiknya.