Webinar Nasional Keperawatan UIN Alauddin Makassar di Hari Perawat Nasional 2020

  • 14 Mei 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

76 peserta mulai memasuki webex meeting room untuk mengikuti Webinar Nasional Keperawatan UIN Alauddin Makassar. Peserta berasal dari beragam provinsi, dari Aceh hingga Papua, Sulawesi, Jawa, dan  dari Kalimantan pun hadir.  Webinar nasional dengan tema Evolusi Perawat Dari Masa Ke Masa : Optimalisasi Peran Perawat Pada Masa Pandemi Covid-19  ini  dilaksanakan pada  hari Kamis, 14 Mei 2020 dalam rangka memperingati Hari Keperawatan Internasional.  Peringatan ini telah lama dirayakan, sejak 200 tahun yang lalu. Dan tahun 2020 adalah tahun spesial bagi perawat dan bidan, oleh WHO tahun ini dijadikan sebagai Tahunnya Perawat dan Bidan. 

Prodi Keperawatan dan Profesi Ners FKIK UIN Alauddim Makassar bekerja sama dengan PPNI Wilayah Sulawesi Selatan mengadakan webinar nasional. Dengan mengundang Key-notes speaker : Abdul Rakhmat, S.Kep, Ns., M.Kes, Ketua DPW PPNI Sulawesi Selatan, dan tiga narasumber ,Prof Achir yani  Prof. Achir Yani S. Hamid, M.N., S.N.Sc, Guru Besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Suhatman Hakim, S.Kep., Ns., M.Kep, Ketua Satgas Covid-19 DPW PPNI SULSEL dan Kepala OK UGD RS Wahidin Sudirohusodo, Patima, S.Kep., Ns., M.Kep, Ketua Prodi Ners UIN Alauddin Makassar. 

Materi yang disampaikan dalam webinar cukup beragam, peserta belajar tentang bagaimana peran perawat sebagai pusat dalam menangani tantangan kesehatan nasional, juga peran pada kondisi pandemi COVID-19. Merefleksikan kembali serta melihat visi dari profesi keperawatan, serta Interprofesional Collaboration dalam peningkatan pelayanan keperawatan di masa depan.

Bukan hanya seminar, dalam webinar ini juga diadakan penggalangan donasi yang terkumpul dari peserta dan panitia webinar. Donasi ini ditujukan untuk para perawat untuk para perawat tim satgas Covid 19 Sulsel. Dalam pembukaan webinar nasional oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. H. Hamdan Juhanis, MA., Ph.D, beliau juga menyerahkan langsung kepada Ketua DPW PPNI Sulsel secara virtual. 

“ Semoga webinar nasional yang dilaksanakan oleh Prodi Keperawatan dan Prodi Profesi Ners UIN Alauddin ini dapat menjadi wadah untuk belajar bersama dengan perawat-perawat demi masa depan bangsa.” Prof. Hamdan Juhanis, MA., Ph.D., 

Peserta sangat antusias mengikuti webinar ini, momen penting Hari Keperawatan Intersional menjadi momen sejarah dalam merefleksikan kembali peran dan tantangan keperawatan. Semoga ilmu yang diberikan berkah,